<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d10868920\x26blogName\x3dFebi\x27s+Journal\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://jurnal-febi.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jurnal-febi.blogspot.com/\x26vt\x3d-3357453960751995629', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Monday, February 13, 2006

Cap Go Meh

Cap Go Meh merupakan hari ke-15 atau hari terakhir dari masa perayaan Imlek bagi masyarakat Tionghoa, Saat itu juga merupakan bulan penuh pertama dalam Tahun Baru Cina. Menurut tradisi yang sudah turun temurun, perayaan ini dirayakan dengan berbagai kegiatan.

Setiap negara mempunyai tradisi sendiri-sendiri untuk merayakan Cap Go Meh , di Taiwan ia dirayakan sebagai Festival Lampion, Di Malaysia ia dikenal sebagai hari Valentine Tionghoa, biasanya wanita-wanita yang belum menikah berkumpul bersama dan melemparkan jeruk ke dalam laut. Dan di Indonesia sendiri hari raya Cap Go Meh ditandai dengan perayaan ritual berupa arak-arakan atau prosesi gotong toapekong ke luar vihara.

Untuk tahun ini Cap Go Meh jatuh pada hari Minggu, 12 February 2006. Puncak acara Cap Go Meh di rayakan dalam bentuk Pawai Budaya dengan Lokasi di Glodok, Kota - Jakarta. Dan di sanalah gue berada hari minggu kemarin, di tengah udara kota Jakarta yang sangat terik, gue ikut bergabung dengan para penonton lain nya.

Image hosting by Photobucket

Acara di mulai pukul 2 siang, Arak-arakan Barongsai, Toa PeKong dan Kesenian Tionghoa lainnya berangkat dari Vihara Dharma Jaya - TOA SE BIO menuju Museum Fatahillah. Di museum Fatahilah sudah berkumpul peserta pawai lain nya, Tanjidor, Lenong Betawi, Atraksi Drumband & Rebana, Parade Kendaraan Hias, Pawai Delman, Ondel-ondel & Barong Bali, Reok Ponorogo, Sisingaan & Jangkungan. Setalah semua berkumpul di Taman Fatahilah, dengan di lepas oleh Bapak Wakil kota arak-arak an Pawai Budaya ini di mulai, Rute yang akan dilalui adalah : Taman Fatahila - Jl. Pos - Stasiun Kota - Jl. Pintu Besar Selatan - Jl. Hayam Wuruk - Berputar di Olimo - Jl. Gajah Mada - Jl. Pancoran Glodok- Jl. Toko Tiga - Vihara Toa Se Bio.

Masyarakat sekitar sangat antusias, sepanjang jalan yang di lalui arak-arakan sangat padat di penuhi penonton. Satu-persatu peserta pawai mempertontonkan atraksi nya, Barongsai yang beranaka warna meliuk-liuk lincah, atau berkedip genit waktu orang-orang memberi angpau ke dalam mulut nya, pukulan gendang yang di pukul oleh beberapa orang ber badan gempal menambah semarak nya suasana. Tampak Beberapa penganut kong huchu menghanturkan sembah bagi para dewa-dewa yang di arak dalam rombongan, berharap mendapat berkah dari para dewa agar kehidupan di tahun ini bahagia. Tidak lupa pula atraksi tanjidor, reog, kesenian tradisional yang ikut memeriahkan puncak perayaan Cap Go Meh.

Gak terasa sore menjelang, arak-arakan sudah kembali lagi ke vihara Toa Se Bio, para penonton bubar dengan teratur. Semua keramaian tadi menyisakan perasaan di hati bahwa toleransi antar agama dan budaya telah terjadi, saling menghormati budaya, tradisi dan kepercayaan masing-masing. ternyata Berbeda itu Indah.

2 Comments:

Blogger Intan Bayduri said...

9 bulan? keburu lupa deh lin
eh bikin link gitu gimana seh ;)

3:27 PM  
Anonymous Anonymous said...

Cool blog, interesting information... Keep it UP Hiking and hiking at a good price travel Article surveillance Sell buy currency trading Bdsm women naked public humiliation

1:14 AM  

Post a Comment

<< Home