<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d10868920\x26blogName\x3dFebi\x27s+Journal\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://jurnal-febi.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jurnal-febi.blogspot.com/\x26vt\x3d-3357453960751995629', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Tuesday, April 08, 2008

Menikah itu : Mahal



Bulan depan adek gue akan melaksanakan pernikahan, sebagai kakak gue ikut membantu semua persiapannya , jadilah 3 bulan terakhir ini acara wiken gue banyak tersita untuk mengurusi semua printilan-printilan buat acara istimewa itu. Dan kesimpulan yang bisa gue dapatkan dari semua kesibukan itu adalah : Menikah itu Mahal. Gue gak bilang acara menikah nya adek gue yang mahal, tapi secara keseluruhan, untuk menikah dengan sistem yang sudah tertanam di masyarakat sekarang untuk sebuah acara pernikahan itu Mahal.

Kita itung bareng yok biaya yang harus di keluarkan :

1. Sewa Gedung/Restoran. Gak tau sejak kapan nge-trend menikah di gedung itu bermula,kayanya dulu acara pernikahan itu cukup di lakukan di rumah, pasang tenda, sewa kursi2, undang tetangga buat bantuin masak-masak jadi deh merid. tapi seiring berkembang nya zaman, kenalan makin banyak kali yee,rumah sekarang makin kecil-kecil jadi gak muat, gak mau repot juga, akhirnya menyewa gedung menjadi pilihan tepat. Untuk ini, alasan bisa di terima. Rata-rata harga sewa gedung dimulai dari harga 4 juta rupiah sampe puluhan juta. Semakin terkenal nama gedung yang di sewa, semakin mahal harga nya, semakin bangga si punya pesta.

2. Undangan. Undangan ini gunanya sebagai alat untuk menyampaikan kabar gembira ini kepada handai taulan yang akan di undang,mungkin karena fungsi undangan ini sebagai "wakil" dari keluarga pengundang,jadi harus yang gak malu-maluin, makan bermunculan lah berbagai bentuk design undangan dari yang tampilannya normal sebagai undangan sampe yang gak biasa. Menurut survey gue kemaren, undangan yang bisa di bilang "lumayan deh" di mulai dari harga 4.500 rupiah sampe ratusan ribu rupiah. Kalo Acara diadain di gedung, gak mungkin kan undangan cuman puluhan biji doang, mau gak mau ratusan orang. Misal nih, satu undangan harga nya 20 ribu rupiah, undangan yang di sebar 1000 orang, jadilah dana buat undangan doang mencapai 20 juta rupiah..ck ck ck..ironis nya, undangan itu kalo abis di baca,udah deh langsung di buang atau paling gak di simpen jadi barang gak guna, gak pernah tuh gue liat saking bagus nya undangan terus jadi di figura dan di gantung di dinding buat pajangan :). Itu arti nya sama aja dengan membuang uang 20 juta bukan ? tapi mungkin gak kebuang juga kali uang nya, 20 juta buat beli "nama" untuk keluarga pengundang.

3. Pakaian seragam. Gak tau juga gimana sejarah nya kok sekarang acara kawinan identik dengan pakaian-pakaian seragam keluarga. Biasanya pakaian seragam buat panitia, buat sodara sekandung, buat sodara sepupu, buat tante dan om. Mending kalau pakaian seragam nya buat acara pas resepsi doang, nah kalo acaranya ada acara adat: siraman, pengajian, dll nya, itu semua juga butuh seragam. misal neh, untuk seragam harga bahan nya Rp.25 ribu rupiah per meter.Keluarga yang mau di kasih seragam ada 50 orang,masing-masing di kasih 2 sampai 2,5 meter,di kali buat tiga kali acara,biaya yang harus di keluarkan : Buanyaak.

4. Suvenir.Gak jelas juga neh fungsi nya buat apa, mungkin tradisi suvenir ini muncul sejak ada tradisi laen yaitu: "dengan tidak mengurangi rasa hormat kami, di mohon para undangan tidak memberi kado berupa barang", jadi mungkin tuh duit dianggap untuk membeli suvenir ?? hmmm..gak tau deh. Pokoknya sekarang kalo abis dari kawinan pasti dapet suvenir.Semakin tajir yang punya hajat, semakin mahal juga suvenirnya.Nah Kalo acara pernikahannya pake acara adat,yah masing-masing acara adat itu ada suvenir nya juga. Kalo satu suvenir harga nya 2000 sampe 10.000 rupiah di kali 1000 undangan di kali tiga kali acara ??? hasil nya : MAHAL. Dan ironis nya juga neh, biasanya suvenir2 ini banyak yang gak jelas gunanya apa, bagusnya seh suvenir yang di kasih itu benda yang kepake, jadi gak mubazir.

5.Foto prewed. Sorry yah buat temen gue yang kerjanya sebagai fotografer prewed, menurut gue ini gak penting banget. Apalagi sampe bela-belain keluarin uang puluhan juta buat ke bali hanya untuk di foto prewed,dan ambil paket wedding candid doang. Tapi, emang ngetrend nya gitu sih sekarang.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Setuju banget!!

9:18 AM  
Blogger ciTia said...

Ribet amat yak..
Mending tuh duit dipake buat modal hidup abis merit.Masa' nikah gede2an abis itu hidup kere'.

7:20 PM  

Post a Comment

<< Home