<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d10868920\x26blogName\x3dFebi\x27s+Journal\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://jurnal-febi.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jurnal-febi.blogspot.com/\x26vt\x3d-3357453960751995629', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Tuesday, April 08, 2008

No Smoking Please....



sudah 5 hari ini gue terserang batuk filek, kalo udah gini buat bernafas aja susah dan keadaan susah nafas itu di perparah dengan keadaan di kantor gue.

Jadi begini, kantor gue itu menempati sebuah rumah dengan dua buah lantai. Lantai pertama adalah sebuah ruangan luas tanpa ada sekat-sekat dengan beberapa buah jendela terbuka yang menghadap ke taman, di ruangan ini bekerja kurang lebih 50 orang karyawan, dan sebagian besar karyawan perokok, jadi meskipun ada beberapa buah jendela yang terbuka lebar tetap aja penuh asap rokok kalau lagi banyak yang merokok sambil kerja.

Di lantai dua ada 4 buah ruangan tertutup, dan di salah satu ruangan itu adalah ruangan gue berdua sama temen gue. Keadaan di lantai atas sedikit manusiawi asap rokoknya, karena ada peraturan buat lantai atas soal merokok, peraturan nya berbunyi seperti ini:

Untuk merokok, aturan UMUM adalah diperbolehkan selama tidak mengganggu staff lain dalam waktu kerja. Jadi selama jam kerja tidak diperbolehkan untuk merokok di area umum kantor seperti :
- RUANG KERJA (terutama yang di dalamnya terdapat staff yang tidak merokok).
- KAMAR MANDI, dan
- Ruangan umum lainnya yang dapat mengganggu staff lain dalam menjalankan pekerjaannya

Naaahh masalah nya, tetep ada beberapa orang yang bandel. Walaupun tidak meerokok di dalam ruang kerja tapi suka ngerokok di luar ruangan yang sering di datengin seluruh staff seperti ruangan yang ada printer, fax, kulkas dan dispanser yang memang di tarok di luar 4 ruangan tadi. Di ruang makan, walaupun ada jendela terbuka tapi tetep aja asep rokok semilir-semilir masuk ruangan kerja apalagi kalau pintu nya gak di tutup rapat.

Duluuu,keadaan lantai atas gak seperti sekarang, lantai atas bebas asap rokok tapi kira-kira 5 bulan yang lalu kantor gue nambah dua programer lagi yang merokok jadi jumlah perokok lebih banyak dari yang gak merokok jadi rombongan perokok ini jadi berani untuk menunjukan gigi nya, jadilah lantai atas juga ada asap rokok.

Pada dasar nya gue bukan orang yang gimana banget dengan asep rokok, temen-temen gue juga banyak yang merokok, yah walau sebisa mungkin gue menghindari asep itu tapi inti nya gue bukan yang anti-anti bangets, walau tetep melotot marah kalo ada di suatu tempat yang ada tanda larangan merokok tapi tetep ada orang yang merokok.

Balik ke kantor gue, perotes anti rokok ini sebelum nya udah pernah di suarakan sama temen gue yang gak ngerokok juga dan jawaban salah satu perokok itu "Lo harus nya menghargai kita-kita yang merokok dong". Haaaaaa ??? jadi yang bener itu siapa yang harus menghormati siapa seh dalam hal merokok ini ??? dan keadaan di perparah dengan si Bos yang juga perokok berat. Sekarang gue jadi bingung mo gimana ?? gue harus lapor kemana ? ada gak komnas HAM anti rokok buat lingkungan kantor ?? soalnya mau lapor ke pihak manajemen seperti nya mereka lebih memihak ke para perokok. Dan gue juga gak mau di bilang nyinyir dengan sering-sering bilang, "aduuhh tolong asep rokok nya dong !!!", atau " lo gak asyik banget deh Feb, asep rokok doang gitu lhoo", gue cuman pengen hak gue untuk menghirup udara bebas polusi di hargai, toh peraturan nya juga udah ada, apa gue harus menggunakan masker selama jam kerja ??? atau kudu cari kantor baru ???

0 Comments:

Post a Comment

<< Home