<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d10868920\x26blogName\x3dFebi\x27s+Journal\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://jurnal-febi.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jurnal-febi.blogspot.com/\x26vt\x3d-3357453960751995629', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Tuesday, April 08, 2008

Nonton Teater Yoook.....



Oleh-oleh dari Pentas teater Nyai Ontosoroh di Graha Bhakti Budaya TIM Jakarta tadi malem.

Pementasan Teater Nyai Ontosoroh adalah sebuah cerita yang di adaptasi dari novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer. Untuk mengetahui cerita lengkapnya silahkan membaca Novel tersebut. Mungkin pengharapan gue terlalu tinggi untuk pementasan Si Nyai ini, gue jadi kecewa waktu liat akting para pemaennya, gak sesuai dengan gambaran gue,oke deh Happy Salma udah cukup bagus memerankan si Nyai walau belom bisa kasih nilai A, untuk lighting juga kurang, gue gak bisa melihat dengan jelas wajah-wajah para pemain entah apa yang salah tapi kalau nonton teater Koma gak gitu deh, begitu juga sound system nya, tapi untung dialog nya bagus,cerdas jadi gak bosen sampai akhir pertunjukan,secaranya udah miskin musik. Begitu pendapat gue tentang pementasan Nyai Ontosoroh semalem.

Sekarang mau cerita soal penonton nya, Beberapa kali nonton pementasan teater di Jakarta gue jadi afal sama kebanyakan adat istiadat sebagian penonton.

Telat.
Pertunjukan teater biasanya di mulai dengan pemukulan gong sebagai pemberitahuan jika pertunjukan akan segera di mulai, seharus nya para calon penonton harus sudah bersiap-siap untuk memasuki ruangan pertunjukan dan mencari nomor bangku yang sudah di pesan. Kemudian di susul dengan Gong ke dua dan beberapa saat kemudian gong ke tiga berbunyi menandakan pertunjukan sudah di mulai. Tapi yah namanya orang kite, mau gong bunyi sampe sepuluh kali juga tetep aja ada yang telat, ganggu banget gitu lho, apalagi kalo si telat itu duduk nya di pojok sedangkan kita di bangku deket gang,selaen ngalangin kita nonton, membuyarkan konsentrasi, sinar senter panitia bikin silau mata dan juga bangku-bangku di TIM itu kan sempit, jadi repoott. Harusnya neh, kalo gue liat di pilem-pilem luar yah kalo situ mau nonton teater tapi ketelatan ya udah terima nasib deh nunggu sampe seasion berikut nya, salah ndiri telat, kalo emang niat mo nonton yah dateng lebih cepet dong secaranya Jakarta itu kan macet dimana-mana.

Handphone
Sebelum pertunjukan di mulai biasanya di umumin peraturan sama si mbak MC, salah satu peraturannya adalah harap mematikan handphone atau di buat silent. Tapi oh tetapi tetep aja terdengar dering hp selama pertunjukan berlangsung, gak tau kelupaan atau emang sengaja gak matiin HP pamer ring tone nya bagus. Sering juga ada yang smsan dengan asyiknya, secaranya HP skrg kan udah keren-keren tuh (kecuali hp gue) sinar dari layar hp nya itu: silaaau meeen. Pernah nih dalam satu pertunjukan teater yang gue tonton,pas kita lagi konsentrasi penuh ke panggung tiba-tiba kedengeran suara hp dan dengan suara keras si bapak yang hp nya bunyi treak : Halooo..bla..bla...blaa. Langsung di treakin penonton satu gedung, heran deh dari penampilannya seh keliatan tuh si Bapak orang yang beradab.

Makan dan Minum
Peraturan berikutnya adalah tidak membawa makanan dan minuman ke dalam gedung pertunjukan apalagi makan dan minum selama pertunjukan. Teteeeeup ada juga yang membawa bekal berupa cemilan-cemilan dan minuman. Paling ganggu kalau lagi asik2 nonton tiba-tiba terdengar bunyi kresek-kresek dari kantong makanan yang di buka dan suara kriuk-kriuk kalo cemilannya itu berupa kripik2an, nonton teater itu kan suasana nya tenang banget jadi ada bunyi aneh-aneh dikit yah pasti kedengeran jelas. Yang paling kocak pernah kejadian penonton di sebelah gue membawa termos yang berisi kopi, dengan asyik nya dia menuangkan kopi nya itu dan terciumlah semerbak wangi kopi dan dengan nikmatnya dia menyeruput kopi nya itu, selaen membuyarkan konsentrasi karena wangi kopi nya gue juga jadi ngiler pengen kopinya juga.

Melihat kondisi di atas gue jadi penasaran pengen tau gimana sih suasana nonton teater di kota-kota laen atau di negara laen ?? apa kurang lebih sama ?? ada yang bisa sharing ??

Gambar di ambil di fotosearch.com

0 Comments:

Post a Comment

<< Home