<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d10868920\x26blogName\x3dFebi\x27s+Journal\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://jurnal-febi.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jurnal-febi.blogspot.com/\x26vt\x3d-3357453960751995629', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Tuesday, March 11, 2008

Kebun Impian Ala Jamie Oliver

Pagi-pagi udah di curhatin sama asisten di rumah “ Ampun deh, harga barang di pasar gak kira-kira naek nya, masa sayur bayem seiket kecil aja dua ribu, dulu mah seribu perak udah dapet seiket gede. Sekarang bawang merah sekilo tiga belas rebu, kalo beli ketengan, seribu cuman dapet lima biji. Pasar jadi sepi, orang-orang juga males kali belanja”, Saya cuman nyengir doang dengerin si bibik yang emang bawel itu.

Dalam perjalanan ke kantor saya jadi kepikiran, iya yah, sekarang harga kok jadi menggila ? terutama untuk harga kebutuhan pokok, dan yang paling terasa kena imbas nya yah ibu-ibu rumah tangga, yang biasa masak tiap hari. Terus keliatannya pemerintah juga loyo, gak punya kekuatan menahan harga yang makin naik itu.

Saya jadi ngayal, enak juga yah kalau kita punya kebun sendiri yang bisa menyokong sebagian sayur mayur dan bumbu-bumbu yang biasa kita gunakan sehari-hari, jadi gak ngaruh dengan harga-harga yang melambung itu. Mau masak sayur daun pepaya tinggal petik di kebun, mau bikin sambel, tinggal petik deh rawit nya.

Di rumah ibu saya di Bogor, beliau juga menggunakan sudut kebunnya untuk menanam sayuran dan tanaman bumbu, tapi paling yang standar-standar aja seperti daun pandan (kayanya setiap rumah nanem pandan yah?? ), rawit ijo, daun kemangi, jeruk limo, tomat sayur, serai, kunyit,daun salam, jahe merah dan daun kucai. Yah kira-kira segitu deh yang saya ingat.

Saya jadi ingat dengan Ibu Wayan Rena yang punya Resort Kedisan Bali, sambil nemenin saya makan beliau cerita, “ Mbak Febi, sayur cah bayam yang mbak Febi makan ini hasil kebun sendiri, bawang merah dan cabe untuk sambel bali nya juga. Bawang merah hasil kebun saya besar-besar, enak sekali di buat sambal”. Sesudah itu saya di antar berkeliling kebun melihat sayuran yang beliau tanam “ semua bebas zat kimia, benar-benar organik”. “ooooooh jadi ini toh rahasia awet muda ibu yang ramah ini” Pikir saya.

Saya juga ngeces-ngeces kalau nonton Jamie at home nya Jimie Oliver, syirik liat kebunnya yang lengkaaaap banget, dan dia jago banget ngolah masakan dari hasil kebunnya itu, kayanya adaa aja yang bisa dia olah. Sampai sekarang, bayangan dia bikin jus stroberi hasil kebun masih terbayang-bayang dalam ingatan saya. Misal nih yah, kita jadi tetangga Bang Oliver, terus pas kita masak eeeeeh ada bumbu yang kelupaan beli dan bumbu itu ternyata ada di kebon Bang Oliver, boleh gak yah minta sama dia ?? hihihi, kok saya jadi nyamain Jimie Oliver sama teh Ida tetangga sebelah yang selalu saya maintain belimbing wuluh nya kalau saya masak pindang yah.

Amin amin amin semoga Yang Maha Kuasa melimpahi saya rezeki yang berlimpah supaya bisa punya kebun impian ala Jimie Oliver, tapi untuk sekarang cukup di dalam pot dulu deh. Oh iya, ada yang tau gak dimana bisa beli tanaman mint ? enak juga buat campuran nge teh sore-sore.

Foto di ambil di http://www.jamieoliver.com/

0 Comments:

Post a Comment

<< Home