<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d10868920\x26blogName\x3dFebi\x27s+Journal\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dSILVER\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://jurnal-febi.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://jurnal-febi.blogspot.com/\x26vt\x3d-3357453960751995629', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Friday, August 19, 2005

Bosccha



Review ini salah satu oleh-oleh dari jalan-jalan gue dan 3 temen gue ke Bandung weekend kemaren....... Abis makan kenyang di Mak Uneh, perjalanan dilanjutkan ke Observatorium Bosscha di Lembang, 15 Km utara kota Bandung. Observatorium Bosscha adalah pusat penelitian dan pengembangan ilmu Astronomi di Indonesia. Ceritanya gue dan 3 orang temen gue mau bermain-main dengan bulan dan bintang-bintang malam ini.

Udara yang sejuk dengan pemandangan perbukitan yang indah menemani perjalanan kami ke Bosscha, dikanan kiri jalan lambaian bendera merah putih berkibar-kibar menyambut HUT RI, ditambah alunan suara lembut Damien Rice dari CD membuat sore itu jadi sempurna.

Setelah menempuh perjalanan selama satu jam, akhirnya sampai juga di Observatorium Bosscha, komplek Observatorium Bosscha ini menempati sebuah area perbukitan seluas 6 Ha yang mempunyai udara yang sangat sejuk dengan pemandangan lepas kesegala arah, kalau malam hari terlihat kerlipan lampu-lampu yang berasal dari kota Bandung, mata bena-benar dimanjakan dengan pemandangan ini.

Dalam acara tour mengintip bintang ini, gue bergabung dengan rombongan lainnya yang waktu itu berjumlah kurang lebih 50 orang. Ada tiga teropong yang diperlihatkan kepada rombongan tour. Teropong pertama yang kami gunakan adalah teleskop Unitorn, dengan dibantu oleh mahasiswa2 jurusan Astronomi ITB, kami bisa melihat bulan dengan sangat jelasnya. Walaupun seperangkat teleskop-teleskop buatan jerman itu sudah keliatan uzur, tapi cukup terawat dengan baik. Gue bisa liat bulan sejelas-jelasnya, sebuah pemandangan yang sangat mengagumkan.

Tour ini dimulai pukul Lima sore, langit masih terang, bintang-bintang belum keliatan sinarnya, yang sudah keliatan adalah bulan, jadi untuk awalnya kita ngintip bulan dulu. Teropong kedua yang diperlihatkan adalah Teleskop Banberg, sayangnya tiba-tiba langit berubah menjadi berawan, jadi kita gak bisa liat bulan dari teleskop ini. Kedua Teleskop ini berada di sebuah bangunan yang berbeda, dan masing-masing bangunan ini mempunyai atap yang bisa dibuka tutup.

Langit sudah gelap waktu rombongan menuju rumah teropong Zeiis besar, inilah teropong pertama sumbangan dari Mr. Bosccha pada Tahun 1920. Teleskop Zeiss ini berada didalam sebuah bangunan unik berbentuk huruf O dengan atap berkubah dengan sebuah jendela yang dapat dibuka selebar kurang lebih 3 cm saja, dan kubah ini dapat diputar keseluruh penjuru arah guna kepentingan peneropongan. Kalau diliat pada malam hari, pancaran lampu yang sangan terang memantul dari jendela kubah yang terbuka, ditambah serakan bintang-bintang di langit, menjadikan bangunan ini keliatan cantik sekali, gak salah Mira lesmana memilih tempat ini untuk shooting film Sherina. Dan mungkin karena teleskop ini umurnya sudah sangan tua, jadi public gak bisa menggunakan teleskop ini, cuman bisa liat sosok teropong dan cara kerja dari teleskop secara umum saja.

Session berikutnya rombongan diajak kesebuah bangunan mungil, saking mungilnya gue jadi merasa masuk kedalam rumah 7 kurcaci dicerita putri salju. Bagian dalam bangunan mungil ini keliatan seperti ruang kuliah, ternyata benar, kita mau di "kuliahin". Disini rombongan diterangkan tentang tata surya, diterangkan sebenarnya apa sih bintang itu, proses terjadinya bintang, sampai hancurnya bintang yang dikenal dengan sebuatan Supernova, Sampai rasi-rasi bintang seperti rasi bintang aries dan rasi bintang Scorpio, yang nantinya bisa dilihat dengan menggunakan teleskop Union. Mungkin karena petugasnya pinter cara menyampaikan cerita, rombongan seperti diajak terbang ke angkasa untuk bermain-main dengan benda-benda langit itu, ditambang dengan gambar-gambar ruang angkasa di slide, waktu setangah jam yang diberikan jadi gak terasa.

Rombongan kembali ke Teleskop Union, ceritanya kami mau liat rasi-rasi bintang yang di jelaskan tadi, tapi sayang banget langit berubah berawan lagi, jadi bintang-bintang cantik itu gak bisa diliat, tunggu punya tunggu langit gak berbah cerah juga, waktu sudah menunjukkan pukul delapan malam, batas waktu kunjungan berakhir.

Ada sedikit perasaan kecewa karena gak bisa liat rasi-rasi bintang itu, tapi gue gak nyesal, dengan pengalaman gue diatas tadi, gue seperti diajak "ngintip" salah satu karya sang pencipta, dan merasakan juga kebesaran Tuhan. Besok malamnya, menemani gue balik ke Jakarta, dari balik kaca mobil, gue liat bulan dan bintang begitu cerahnya, seolah-olah mengundang gue untuk datang lagi

4 Comments:

Blogger Hani said...

waduh yang komentar diatas *ngelirik2 diatas*

aku waktu kecil pengen banget ke boscha...ealah kok ya pas tutup terus. akhirnya kalo lagi di bandung, ditawarin ke boscha jadi males. trauma...hehehe (duuuh segitunya yah)

paus ndak ada di kuta. tapi dibawahnya lagi, disamudranya atau di selat lombok di selatannya. pengen liat. yuuuk kesini ;)

10:32 AM  
Anonymous Anonymous said...

oooohhh... jadi tgl pas kawinan gue itu elu JALAN-JALAN di bandung feb??? grrrhhh.. ;p

*kesannya dendam*

hihihi..

11:40 AM  
Anonymous Anonymous said...

Very cool design! Useful information. Go on! Wellbutrin sr recommended dosage

7:26 AM  
Anonymous Anonymous said...

Looking for information and found it at this great site... Baccarat for the clueless the clueless guides Lavitra livitra levitra http://www.hummer-rental.info/2002-gs430-lexus.html Naissance maternity clothes Four card keno strategy Acyclovir pregnancy trimester L v hand bags manhattan pm Dump nissan truck Diet online pill program.com Eli lilly s profit from antidepressant drugs lexus es horsepower Power bypass humidifier

2:43 PM  

Post a Comment

<< Home