<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/plusone.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\07510868920\46blogName\75Febi\47s+Journal\46publishMode\75PUBLISH_MODE_BLOGSPOT\46navbarType\75SILVER\46layoutType\75CLASSIC\46searchRoot\75http://jurnal-febi.blogspot.com/search\46blogLocale\75en_US\46v\0752\46homepageUrl\75http://jurnal-febi.blogspot.com/\46vt\0753297138885272194302', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Monday, October 10, 2005

Resep praktis buat sahur ala gue.

Ini ada beberapa resep praktis andalan gue untuk sahur. karena masaknya tengah malem, kebayang kan mata ngantuknya kaya gimana, jadi gue biasanya masak masakan yang praktis-peraktis aja. gak jauh dari tumis-tumis dan rebus-rebus aja. Semua bumbu dan bahan-bahan nya udah gue siapin sebelom tidur (semua bahan di cuci dan dipotong trs masukin ke tuperware simpen di kulkas)Biasanya seh menu nya gak jauh-jauh dari sayur-mayur dan ikan. Karena gue gak bisa makan nasi pas sahur, jadi sayur-sayur seger kayanya paling cocok di makan tanpa nasi.

Sop - Sop an.
Untuk resep sop ini, cara masak nya seh standard2 aja..tapi biasanya gue modif di isi nya aja.
isinya bisa sayur2 seperti kol, wortel, kacang kapri, jamur atau kacang merah. Atau, bakso ikan, ayam, tetelan. Atau, pangsit isi ( biasanya pangsit isi ini gue beli yang mentah nya di abang2 mie ayam deket kostan gue), tahu jepang. nah tinggal pinter2 campur2in nya aja.


Sop Pangsit Bakso Ikan

Bahan :
2 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
3 siung bawang putih, memarkan / bawang putih enak juga di ganti pake bawang bombay
3 cm jahe memarkan
1 batang daun bawang, potong 3 bagian
1,5 liter air
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm penyedap rasa serbaguna (cair)
5 buah bakso ikan belah dua
5 buah pangsit isi.
2 buah wortel iris sesuai keinginan

Cara Membuat :

- panaskan minyak goreng bareng minyak wijen, terus tumis bawang putih sampe harum.
- Rebus air dengan tumisan bawang putih, jahe dan daun bawang. Setelah mendidih masukin deh tuh pangsit, bakso ikan sama wortel nya.
- Tambahkan garam, royco sama ayam sama merica bubuk, masak sebentar trs angkat deh.
- Sebelom di makan taburi dulu dengan daun seledri.


Capcay Praktis
Untuk capcay ini, biasanya gue udah beli satu bungkus capcay yang di jual di superindo deket kntr gue, satu kantong itu isinya ada sawi putih, sawi hijau, brokoli, wortel, 3 buah bakso ikan, cabe ijo gede, ko, kacang kapril. bisa di makan 3 orang dengan harga Rp.5600 perak.

Bahan:
2 sdm minyak goreng
1 sdm minyak wijen
1/2 bagian bawang bombay di rajang
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdt saos tiram
1 sdt bumbu inti kokita
paket sayur mayur

Cara Membuat :
.- Panaskan minyak goreng bareng minyak wijen, terus tumis bombay, sampe harum.
- Masukin berturut-turut bakso, wortel, brokoli, kacang kapri,kol. sambil terus di aduk masukin saos tiram, bumbu inti kokita.
- kasih air dikit, kira2 semua udah epuk siap di sajikan.
- Kalo mau yang kentel masukin tepung meizena yang udah di cairin terlebih daulu..sedikit aja, ntr kekentalan gak enak.

Bubur Sayur.
Bubur Sayur ini kreasi gue yang terinspirasi dari bubur menado. bubur nya beli bubur ayam instant sasetan yang di jual di Supermarket. lupa merek nya apa.

Bahan :
2 saset bubur ayam instant
2 buah eggtofu, potong dadu kecil
1 buah jagung manis yang udah di pretelin
sayur bayam atau sayur sawi hujau secukupnya

Cara Membuat :
- rebus aer kira-kira 2 gelas sampe mendidih
- masukin beras bubur nya, aduk terus sampe semua menyatu. Apinya jangan gede2.
- masukin berturut-turut sayur, jagung baru tahu.

paling enak di makan sama sambel terasi dadakan, sama kentang udang ebi atau abon yang selalu tersedia di kos.

Havermut Susu

Yang terakhir ini resep kalo lagi ribet mikir makan apa yang sahur nanti. Masa Havermut. Gue doyan nya Havermut yang putih bukan yang coklat.

Bahan :
1/2 gelas susu putih yang udah di kasih gula
4 sendok havermut / Quaker
potongan buah melon, semangka atau apple.

Cara membuat :
Rebus 1/2 gelas susu putih dengan api sedang
masukin havermut aduk terus kira2 2 sampe 3 menit sampe rasa gadumnya ilang.
siap di sajikan dengan campuran buah-buahan tadi.



5 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Sejak kapan Nyil jadi pembantu hahahaha

8:20 AM  
Anonymous Anonymous said...

best regards, nice info dodge minivan wood ste Bicycle racks car Live sex wb cam

11:53 PM  
Anonymous Anonymous said...

punya menu abon dari ikan puput mbak febi's

11:55 AM  
Blogger Derry Tadarus said...

resepnya gue banget nih..thx a lot mbak febi

10:59 AM  
Blogger putri amandika said...

ok bgt tuh, buat harian juga yahud

8:51 PM  

Post a Comment

<< Home